Polres Toraja Utara Pastikangi Tidak ada PMK di Pasar Hewan Bolu -->

Ikuti Kami

Polres Toraja Utara Pastikangi Tidak ada PMK di Pasar Hewan Bolu

Selasa, Mei 24, 2022, 7:08 AM
Ist
Sebagai upaya antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak di Kabupaten Toraja Utara, Sidokkes Polres Toraja Utara (Polres Torut) bersama Dinas Pertanian Bidang Peternakan melakukan pengecekan ke Pasar Hewan Bolu Kec. Rantepao Kab. Toraja Utara. Senin 23 Mei 2022.

Kegiatan pengecekan hewan ternak tersebut dilakukan langsung oleh Plt Kadis Pertanian Bidang Peternakan Bpk. Lukas P. Datubarri, dan turut dihadiri oleh Kabid Peternakan Bpk. Sarira Tandi, Dokter Hewan dr. Rostiani Silta, Kasidokkes Polres Toraja Utara Aipda Irwanto Gusri.

Pengecekan dilakukan atas hewan ternak jenis kerbau yang akan diperjualbelikan sebelum akhirnya kembali dipelihara ataupun dikonsumsi oleh Masyarakat.

Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, S.I.K, menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Bidang Peternakan dalam membantu mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) masuk di Kabupaten Toraja Utara.

"Dari hasil pengecekan, ada total 56 ekor hewan ternak jenis kerbau yang telah diperiksa kesemuanya dinyatakan dalam kondisi sehat", jelasnya.

Menurut Kapolres, pihaknya siap mendukung langkah dari Dinas Pertanian Bidang Peternakan melakukan upaya pengawasan dan pengecekan ketat terhadap proses perdagangan hewan ternak, terang AKBP Eko.

untuk itu juga Kapolres mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik dengan munculnya PMK tersebut. Dinas peternakan telah menyiapkan vaksinasi serta obat-obatan untuk diberikan kepada hewan ternak bila nantinya muncul suspec PMK di Kabupaten Toraja Utara.

Piter Rede Mellolo, Salah satu pemilik hewan ternak berupa Kerbau menyambut dengan baik pemeriksaan tersebut dengan harapan agar kerbau milik mereka dalam kondisi sehat.

Sementara itu, Pihak Dinas Pertanian Bidang Peternakan Kabupaten Toraja Utara mengapresiasi pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Toraja Utara yang telah berkomitmen akan terus melakukan pendampingan mendukung Penanggulangan PMK di Kabupaten Toraja Utara. (Rahmad)

TerPopuler