Masyarakat Toraja Sambut Perhelatan HUT PMTI di Kolam Makale -->

Ikuti Kami

Masyarakat Toraja Sambut Perhelatan HUT PMTI di Kolam Makale

Rabu, April 20, 2022, 1:55 PM
Dok: Rahmad
Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung membuka secara resmi event Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), yang dirangkaikan dengan perayaan Paskah dan Hari Kartini, Senin, 18 April 2022.

Beberapa kegiatan akan dilaksanakan dalam rangkaian HUT PMTI ke-18 yang akan di gelar di dua Kabupaten, Tana Toraja dan Toraja Utara,  18 – 24 April 2022.
 
Pembukaan event yang dilaksanakan di Taman Seni Kota Makale ini ditandai dengan penabuhan gendang oleh Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung bersama Ketua Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa bersama sejumlah tokoh Toraja lainnya.

Theofilus  memberikan sambutan baik atas  acara yg di laksanakan oleh PMTI dan juga memberikan support agar   lomba desain homestay di Toraja  bisa terwujud

Semoga dengan momentum HUT PMTI ini semakin menghayati nilai nilai sangtorayaan kata Theofilus dan ini harus terus di jiwai untuk membangun kebersamaan tandasnya.

PMTI juga diharapkan tidak hanya membangun internal PMTI melainkan juga pulang ke kampung untuk memberi pemikiran, konsep, dan tindakan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Toraja terangnya.

Selain itu, Theofilus Allorerung juga berharap, ke depan untuk pelaksanaan event dalam rangka HUT Kabupten dan Hari Jadi Toraja sekiranya PMTI bisa bersama-sama dengan Pemda untuk membangun koordinasi dan sinergi yang baik.

Sementara itu Ketua PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa mengatakan event ini adalah momentum perantau yang rindu kampung halaman untuk kembali bersinergi dengan masyarakatnya, pemerintah daerahnya.

Selvanus Lumbaa berharap dengan melandainya Covid-19, ekonomi kembali tumbuh dengan peran PMTI melalui asosiasi pengusaha masyarakat Toraja dimana PMTI akan menjadi patner pemerintah daerah, pengusaha lokal, dan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

Sebelum seremoni pembukaan event digelar, kegiatan diawali dengan Pawai Budaya yang menghadirkan ragam budaya dari berbagai daerah serta pesan toleransi dengan kehadiran Kontingen Penganut Agama Katolik, Kibaid, Gereja Toraja, Muslim dan Hindu Alukta nampak juga  Gerakan mahasiswa Nasional Indonesia ( GMNI) dan kolaborasi Tarian Papua Iven ini di saksikan oleh masyarakat TANA Toraja di kolam Makale dengan protokoler kesehatan.

(Rahmad).

TerPopuler